Bagi para hijaber kepala maupun rambut bukanlah hal yang dapat terlihat jelas keindahan, akan tetapi hal tersebut tidak boleh disepelekan karena apabila kulit kepala yang selalu dalam keadaan tertutup tidak pernah melakuakan perawatan maka akan berpengaruh besar terhadap kesehatan serta penampilan anda. Untuk itu bagi mereka yang mengenakan hijab, memang dibutuhkan perawatan berbeda dan ekstra guna memperoleh tampilan kulit kepala yang sehat. Perawatan dan kebersihan kulit kepala sangat berpengaruh terhadap mahkota indah yang dimiliki wanita yaitu rambut karena rambut tumbuh dan berkembang melalui akar dan kulit kepala. Sehingga dengan kulit kepala yang sehat dan bersih maka akan diperoleh rambut yang indah dan menawan.

Beberapa keluhan yang sering menjadi masalah dan kebanyakan dialami wanita berhijab yaitu kulit kepala jadi berminyak, kerontokan pada rambut, rambut yang kering dan kusam bahkan rambut yang pada akhirnya menjadi bau dan lembab. Rambut maupun kulit kepala memang tidak dapat terlihat dengan jelas namun adanya permasalahan diatas tentu akan sangat membuat wanita berhijab tidak nyaman. Maka dari itu sebelum semuanya terjadi, rasanya tidaklah sulit untuk kita melakukan perawatan secara rutin pada kulit kepala dan rambut karena selain berkaitan dengan kesehatan dan penampilan. Kenyamanan pada saat pemakaian juga dapat berpengaruh.

Tips kulit kepala sehat dengan hijab :

1. Mencuci rambut

Jagalah kesehatan dan kebersihan rambut yaitu dengan cara mencucinya minimal 2 hari sekali. Untuk memperoleh hasil maksimal anda juga dapat menggunakan conditioner yang sama dengan jenis sampo yang anda gunakan.

2. Melakukan perawatan rambut

Lakukanlah beberapa perawatan rambut seperti creambath dan hairmask minimal dua minggu atau satu bulan sekali. Lakukan perawatan tersebut secara rutin agar rambut tetap lembut dan wangi walaupun tertutup hijab.

3. Rambut harus kering

Sebelum menggunakan hijab pastikan terlebih dahulu kalau rambut sudah kering. Karena biasanya rambut yang masih basah atau setengah kering akan menimbulkan aroma yang tidak sedap apabila tertutup hijab.

4. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Hindari mengikat rambut terlalu kencang karena hanya akan membuat rambut menjadi tidak leluasa untuk bernafas. Disini anda dapat menggunakan ikat rambut yang terbuat dari bahan asalkan jangan yang terbuat dari plastik ataupun karet.

5. Bahan yang nyaman

Wanita berhijab pada umumnya akan menggunakan hijab dalam waktu yang lama, untuk itu pilihlah jilbab berbahan tipis dan menyerap keringat.

6. Pemakaian jilbab tidak lebih dari tiga

Untuk anda yang senang berkreasi dengan hijab, hindari penggunaan hijab lebih dari 4 tumpuk. Karena semakin banyak lapisan jilbab, maka akan membuat rambut semakin lepek dan lembab.

7. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi membuat perlindungan bagi kulit kepalamu agar lebih kuat. Minasan dapat memasuki makanan dan minuman berikut ke dalam list santapan sehari-hari.

a. Ikan mengandung protein, vitamin B-12 dan zat besi, nutrisi penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Jenis ikan yang baik untuk kesehatan rambut seperti tuna, dan sarden yang sangat bagus untuk mencegah kulit kepala menjadi kering.
b. Telur mengandung protein yang menguatkan rambut. Kaya akan biotin yang baik untuk pertumbuhan rambut, kesehatan kulit, dan kuku.
c. Unggas ternak yang kaya akan protein dan zat besi sangat baik untuk kesehatan rambut.
d. Susu rendah lemak, yoghurt, dan keju, kaya akan protein dan kalsium. Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut. Minum susu, yoghurt, dan keju setiap hari selain baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, baik juga untuk kesehatan rambut.
e. Kacang-kacangan mengandung protein, biotin, zat besi, dan zinc yang merupakan esensi penting untuk menumbuhkan rambut sehat.
f. Buah kiwi cukup banyak mengandung vitamin C, E, dan antioksidan yang berguna sebagai penangkal radikal bebas. Kandungan tersebut berkhasiat guna mencegah kerusakan rambut, sehingga kulit tetap sehat dan berkilau.
g. Sayuran hijau kaya akan vitamin A dan C, kalsium, dan zat besi. Dengan rajin mengonsumsi sayuran hijau dapat membantu memperkuat rambut.

8. Cermat Memilih Bahan Hijab

Rambut yang selalu tertutup, akan sangat mudah menimbulkan keringat jika kita berada dalam ruang yang bersuhu panas. Untuk itu, sangat perlu memilih bahan hijab yang mudah menyerap keringat. Rayon, katun, lycra atau spandex, kaos, dan voile adalah bahan hijab yang sangat baik digunakan di siang hari, karena mudah menyerap keringat.

9. Perhatikan Dalaman Hijab (Ciput)

Jika Minasan terbiasa menggunakan ciput, perhatikan juga bahan ciput yang digunakan. Sebaiknya gunakan ciput yang berbahan kaos atau katun. Hindari penggunaan ciput yang terlalu ketat, hal itu dapat menyebabkan rambut sulit bernapas karena sirkulasi udara yang tertutup.

 

 

 

Referensi :

http://www.ziahijab.com/page/50/tips-kulit-kepala-sehat-dengan-hijab

http://beautynesia.id/3097

Klik Pengunjung : 113