Menutupi bagian tubuh tertentu adalah kewajiban bagi para muslimah. Hijab adalah salah satu media yang bisa membantu para wanita untuk menutup aurat. Penggunaan hijab makin lama makin fashionable dan membuat pemakainya makin cantik. Meski demikian, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan para hijabers saat memakai jilbab.

1. Saat Memakai Turban

Tahukah kamu kalau hijab turban ternyata masih menimbulkan kontroversi. Dalam sebuah wawancara, desainer muslim, Vivi Zubedi menyatakan ketidaksetujuannya kalau turban itu adalah hijab, karena sejatinya hijab harus menutupi leher, namun turban tidak. Jangan sampai kamu salah memakai turban, kalaupun ingin memberi model turban, upayakan tetap menutupi seluruh bagian kepala dan rambut. Dan yang tak kalah penting adalah menutupi bagian leher hingga dada.

2. Saat Memilih Warna

Tabrak warna memang kini sedang menjadi tren. Namun, bergesernya tren kembali ke sesuatu yang lebih simple membuat kamu seharusnya tidak perlu lagi menabrak warna dalam satu look. Apalagi jika warna yang di mix and match tidak dalam satu tone warna yang sama. Kamu perlu benar-benar memperhatikan unsur setiap warna yang ada pada outfit-mu agar bisa menyesuaikan dengan hijab.

Begitupun saat mengeksekusi motif pada hijab dan busana. Cobalah memberi motif yang harmonis sehingga tidak terlihat nabrak motif. Misalnya, jika sudah memakai motif polkadot pada busana, usahakan hijabmu tidak bermotif atau polos saja.

3. Hijab yang Terlalu Besar di Kepala

Baiknya kamu mengaplikasi gaya yang enak dipandang mata, salah satunya tidak berlebihan menampilkan gaya hijab. Hindari menggunakan model tumpuk di atas kepala, Karen akan membuat bentuk kepalamu besar dan jadi tidak proporsional. Hal ini diikuti juga dengan aplikasi motif hijabnya, jika kamu menggunakan motif yang ramai, seharusnya gaya hijabmu yang simple-simpel saja.

4. Jangan Menggunakan Aksesori Berlebihan

Saat kamu mengaplikasi gaya hijab, pastikan pemilihan aksesori sudah sesuai. Kalau kamu ingin mengenakan aksesori head piece di hijabmu, pilihlah yang simple. Misalnya bros kecil ataupun head piece dari bunga. Namun, hindari bros yang terlalu besar dan berat di sekitar hijabmu. Hal ini akan membuatmu tidak nyaman dan juga terlihat tidak sedap dipandang mata.
 
5. Rambut Tidak Digulung

Banyak wanita berambut panjang yang enggan menggulung rambut saat memakai hijab. Padahal menggulung rambut dapat membuat hijab lebih rapi. Jika rambut dibiarkan terurai atau hanya diikat ekor kuda, ujung rambut seringkali mencuat atau menembus kain hijab. Tentunya pemandangan seperti itu tidak nyaman dilihat. Gulung rambut Anda dengan penggulung atau karet yang tidak terlalu ketat.

6. Ciput Tidak Menyerap Keringat

Saat memakai hijab, kulit kepala lebih sulit bernapas, karena itu kulit kepala lebih mudah berkeringat. Anda memerlukan ciput atau dalaman hijab yang bisa menyerap keringat. Selain lebih terasa nyaman, rambut dan hijab tidak mudah bau karena keringat yang tidak diserap kain.

7. Ciput Terlalu Ketat

Saat membeli ciput, pastikan ukurannya pas, tidak terlalu longgar, tidak terlalu ketat. Ciput yang longgar bisa membuat rambut keluar, sedangkan ciput yang terlalu ketat akan membuat kepala pusing jika dipakai dalam waktu yang terlalu lama, tentu saja hal itu tidak nyaman. Selain itu, ciput yang terlalu ketat dapat menimbulkan ruam merah gatal pada garis ciput yang menyentuh kulit.

8. Tidak Merawat Rambut

Meskipun rambut Anda tertutup hijab, jangan lupa menjaga keindahan rambut. Selalu ganti ciput setiap hari. Keramas dua hari sekali atau sesuai aktivitas akan membuat rambut bersih dan wangi. Anda juga bisa melakukan perawatan seperti memakai masker atau hair spa yang akan menjaga keindahan rambut. 

9. Mengenakan outfit yang terbilang ribet dan tidak simpel

Wajar jika ingin terlihat bergaya dan berbeda saat menghadiri suatu acara. Namun jangan sampai pemilihan outfit yang dikenakan malah menjadi ribet dan tidak sederhana. Misalnya saja, hindari menerapkan konsep over layering yang berlebihan di mana malah dapat membuat kamu susah untuk bergerak. Baiknya hindari teknik bertumpuk yang terlalu banyak apalagi ujung-ujungnya membuat badan jadi keberatan saat mengenakan outfit yang dipilih.

10. Memilih material busana yang tidak sesuai

Pemilihan material untuk busana yang digunakan juga kerap salah dan malah membuat tubuh jadi tidak nyaman. Misalnya saja kamu mendatangi sebuah konser dengan mengenakan fashion items yang bermaterial nyaman saat melekat pada tubuh. Jangan sampai mengenakan outfit berbahan terlalu tebal sehingga membuat badan terasa kegerahan saat sedang menikmati alunan musik konser yang disuguhkan.

 

 

Referensi :

http://beautynesia.id/18351?co=03101

https://www.vemale.com/tips-and-tricks/25288-4-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-memakai-hijab.html

https://www.bukalapak.com/blog/fashion/5-kesalahan-fashion-hijab-ini-tanpa-sadar-sering-dilakukan-ketika-konser-11481

Klik Pengunjung : 130