Bahan kain satin seperti bahan-bahan pakaian lainnya tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan, lalu apa saja keunggulan dan kekurangan bahan satin. Berikut penjelasannya:

1. Dilihat dari sisi tampilan kain satin terlihat begitu elegan jika digunakan untuk bahan pembuatan baju gamis pesta atau gaun pengantin. Dan kekurangannya tentu saja baju dengan bahan kain satin ini tidak cocok kalo digunaka untuk pakaian sehari-hari.

2. Bahan kain satin yang lembut dan halus ketika disentuh dan digunakan, maka kain satin ini lebih cocok jika dibuat baju seperti piyama, pakaian dalam dan juga sprey. Karena kainnya sangat lembut dikulit dan nyaman ketika dipakai.

3. Karena kain satin ini memiliki tekstur fleksibilitas kain yang enteng dan ringan, sehingga sangat cocok sekali jika dibuat model gamis yang longgar. Namun kekurangannya adalah tidak bisa dijahit dengan detail yang sangat tinggi karena bisa mengakibatkan kerusakan pada kain satin. Jadi pada saat menjahitnyapun harus ekstra hati-hati, karena bahannya yang licin tentu sangat sulit dijahit. Jadi pastikan ketika menjahit kain satin ini jahitan harus tetap lurus.

4. Kain satin yang bahannya terbuat dari sutera ternyata hanya bisa dan boleh dicuci dengan menggunakan tangan saja. Tidak boleh disikat menggunakan sikat cucian. Beda dengan bahan baju yang lainnya yang boleh dicuci dengan menggunakan sikat. Jadi merawat kain satin ini lebih susah ketimbang merawat pakaian dengan kain yang biasa bisa dicuci dengan mesin cuci maupun dengan cara disikat.

5. Begitu juga ketika kain satin ini hendak disetrika, maka pada saat menyetrikapun harus hati-hati. Gunakan atau sesuaikan ukuran panas setrika untuk menyetrika kain satin ini. Karena dengan bahannya yang licin jika menyetrika dengan panas yang tinggi bisa mengakibatkan kain satin rusak.

Dari kelima kelebihan dan kekurangan kain bahan satin diatas tentu sudah bisa menjadi bahan referensi untuk anda ketika hendak membeli pakaian dengan bahan kain satin. Sekarang yang jadi pertanyaan berikutnya adalah. Kain satin itu panas atau tidak sih kalo dipakai. Bagi anda sebagai pecinta pakaian dengan bahan kain satin tentu tidak akan mempermasalahkan apakah bahannya panas atau tidak ketika dipakai. Namun bagi anda yang secara genetik sering mengeluarkan keringat, tentu saja memakai pakaian dengan bahan kain satin ini tidak akan cocok karena memang sifatnya kurang mampu menyerap hawa panas dan keringat.

 Jenis dan model kain satin yang ada dipasaran :

1. Kain Satin Sutra ( Satin Silk )

Kain satin sutra memliki ciri yang khas yakni lebih lembut, tipis dan glossy. Umumnya kain satin sutra ini digunakan untuk pembuatan hijab atau khimar karena sifatnya yng ringan dan tipis sehingga tidak membuat berat dikepala ketika dipakai.

2. Kain Satin Velvet

Kain satin velvet memiliki ciri bahan yang lebih tebal dari kain satin sutra. Dengan bahan kain yang jatuh maka para penyuka gamis muslimah biasanya lebih suka menggunakan gamis dengan bahan satin velvet ini. Dari segi bahan juga tidak terlalu mengkilap, namun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga kain satin silk.

3. Kain Satin Roberto Cavali

Kain satin roberto cavali ini memiliki sifat yang lebih halus, lembut dan menyerap keringat. Jadi sangat cocok sekali bahan kain satin ini digunakan didaerah tropis. Jika dilihat dari penampakannya kain satin roberto cavali ini hampir sama dengan kain velvet. Namun perbedaannya akan terasa jika anda menggunakan, meraba atau memegang kain ini. Dan harganya pun jauh lebih mahal dari kain silk maupun kain velvet. Nah, buat anda yang suka kain satin dan tidak ingin merasa gerah atau kepanasan bisa dicoba nih membeli pakain dengan bahan kain satin roberto cavali ini.

4. Kain Satin Bridal ( Tafeta )

Khusus untuk bahan kain satin ini karena memiliki sifat yang kaku dan tebal lebih cocok digunakan untuk membuat gaun pengantin. Karena bahannya yang kaku ketika dibuat gaun pengantin akan membuat efek mengembang.

 

Referensi :

http://toko-zahra.com/ciri-ciri-kerudung-segi-empat-bahan-satin.html

http://aysahijab.com/ciri-ciri-bahan-satin-dan-karakteristik-bahannya-seperti-apa/

Klik Pengunjung : 109