Jilbab bergo adalah salah satu jilbab yang sering di sebutkan oleh para wanita – wanita yang muslimah karena jilbab bergo ini sangat praktis dan memiliki pet (lapisan busa pada bagian kening). Dengan adanya pet maka memudahkan para pemakainya, selain dikenal praktis maka jilbab bergo ini tetap akan memberikan penampilan yang cantik.

Cara untuk menyimpan jilbab yang kurang efisien seperti menumpuk jilbab di dalam lemari untuk saat ini memang kurang efisien, jilbab yang di tumpuk terlalu lama hanya menambah kusut dan harus di setrika kembali. Dengan adanya jilbab yang memiliki berbagai macam model dan gaya maka cara menyimpannya juga harus efisien agar tidak perlu di setrika lagi jika ingin di gunakan. Untuk menyimpan jilbab dalam lipatan akan membuat bentuk jilbab anda menjadi rusak.

Berikut ini ada berbagai macam cara menyimpan jilbab bergo :

1. Menumpuk jilbab bergo yang sering di pakai

Tumpuklan jilbab yang sering di pakai menjadi satu tumpukan, letakkan tumpukan jilbab yang sering di pakai berada diatas. Jangan mencampur atau menumpuk semua jilbab menjadi satu, anda bisa membaginya berdasarkan warna yang sama, warna kesukaaan, atau juga berdasarkan jilbab bergo yang sering anda gunakan. Jilbab yang sering anda gunakan dan anda tumpuk di bagian atas maka akan memudahkan anda untuk menggunakan jilbab dan jilbab yang akan anda gunakan juga tidak kusut karena tidak terlalu banyak tumpukan dan tidak meninggalkan lepitan sisa setrika.

2. Material

Jilbab bergo memiliki berbagai macam material sehingga cara untuk menyimpan bergo juga harus berdasarkan materialnya. Jika anda sering menggunakan bergo yang berbahan spandek, sifon, dan katun maka anda bisa memisahkan jilbab bergo anda dengan scraf yang juga memiliki bahan lainnya. Anda juga harus membaginya sesuai dengan warna yang sering anda gunakan. Hal ini akan membantu anda untuk memilih jilbab jika anda ingin berpergian, karena umum nya wanita jika ingin bepergian pasti mengalami proses memilih jilbab yang cukup memakan waktu yang lama karena ia ingin berpenampilan yang sebaik mungkin.

Dengan cara penyimpanan sesuai dengan material jilbab bergo maka ankan memudahkan anda untuk memilih jilbab sebelum berpergian karena sudah tersusun dengan rapi dan sesuai dengan bahan yang akan anda gunakan untuk berpergian atau untuk sehari – hari. Anda juga bisa memisahkan antara jilbab bergo yang bermotif dan juga jilbab bergo yang polos. Jika anda ingin yang simple – simple maka anda bisa menggunakan jilbab yang polos, karena jilbab yang polos cocok di gunakan dengan busana yang bermodel ramai dan sebaliknya dengan jilbab yang memiliki motif ramai.

3. Tempat Khusus

Dengan menyiapkan tempat yang khusus untuk menyimpan jilbab bergo seperti menyiapkan laci atau gantungan jilbab khusus di lemari anda untuk meletakkan jilbab bergo anda. Untuk penyimpanan jilbab bergo ini sebaiknya jngan di campurkan dengan ninja atau ciput karena hanya akan membuat tataan jilbab mudah berantakan. Anda juga harus memastikan bahwa jilbab bergo anda tertata dengan rapi dan tidak ditumpuk – tumpuk secara paksa agar tidak mudah lecak.

A. Gantungan Jilbab 

Anda bisa menata atau menyimpan jilbab bergo anda dengan menggunakan gantungan jilbab. Gantungan jilbab yang sudah banyak di jual di pasaran , anda bisa menggunakan gantungan baju seperti yang di gunakan oleh ibu – ibu untuk menjemur pakaian atau gantungan jilbab yang bersusun, tetapi untuk jilbab bergo ini sebaiknya anda menggunakan gantungan pakaian biasa saja, karena bergo ini lebih besar di bandingkan dengan jilbab – jilbab biasanya dan juga volume dari jilbab ini berbeda dengan jilbab biasa. Untuk cara nya menggantung jilbab bergo ini sangat mudah sekali.

B. Rak Jilbab

Selain menggunakan gantungan jilbab atau gantungan pakaian, anda juga bisa menggunakan rak untuk menyimpan jilbab bergo anda, seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa penyimpanan jilbab bergo di rak juga tidak boleh asal – asalan. Anda harus menyimpan sesuai dengan warna yang sering anda pakai atau sesuai dengan jilbab yang sering anda gunakan. Anda juga bisa memisahkan jilbab bergo anda dari bahan – bahan jilbab.

Ada beberapa jenis bahan yang sering di gunakan untuk membuat jilbab bergo dan cara perawatannya : 

a. Berbahan PE/TC : bahan bergo ini sangat menyerap keringat, berbahan tebal dan berat, jika sudah lama maka jilbab ini akan berbulu. Jilbab bergo dengan bahan ini sangat cocok anda gunakan untuk sehari – hari. Cara membersihkan jilbab bergo ini hanya dengan di rendam menggunakan detergen, jika jilbab bergo ini terkena noda maka anda bisa mengucak nya dengan perlaha, tidak di anjurkan untuk di peras dan jangan sampa di setrika dengan temperatur yang sangat panas.

b. Berbahan Higet : Jilbab bergo yang berbahan higet ini mengandung polyester sehingga memiliki kesan yang mengkilat, jilbab ini tidak akan mudah rusak jika pemiliknya melakukan perawatan yang benar. Jilbab ini sangat ringan dan cocok untuk di gunakan acara apapun. Cara membersihkannya yaitu sama seperti yang diatas hanya dengan merendam menggunakan detergen dan kucek perlahan jika ada noda – noda. Penjemuran jilbab ini juga harus di balik dan tidak usah di setrika.

c. Berbahan Spandek : Jilbab bergo yang berbahan spandek ini sangat lembut dan juga dingin jika di gunakan. Jilbab ini hampir sama dengan jilbab bergo yang berbahan higet sehingga perawatannya pun sama. Yang terpenting dari bahan spandek ini adalah jangan di cuci di mesin cuci.

d. Berbahan Kaos : Bahan ini sangat nyaman untuk sehari-hari, karena memiliki sifat menyerap keringat, berbahan tebal, dan cukup berat. Perawatannya paling mudah, cukup direndam, kucek perlahan, boleh diperas tapi tidak keras, dan jangan langsung dijemur, karena akan membuat bahan ini cepat melar. Pastikan menjemur dalam keadaan dibalik, dan setelah kering boleh disetrika dengan suhu sedang, dilipat tapi pastikan pet tidak ikut terlipat.

e. Berbahan Rajut : Bahan ini sama dengan bahan Kaos, tetapi jangan dicuci dengan mesin cuci karena serat dalam kainnya akan rusak. Cukup remas-remas saja, tidak dikucek, jemur dalam keadaan dibalik, dan setelah kering dapat disetrika dengan suhu dingin atau kecil.

 

 

Referensi :

http://roemah-moeslimah.blogspot.com/2012/09/cara-merawat-jilbab-bergo.html

https://hijabyuk.com/cara-menyimpan-jilbab-bergo

Klik Pengunjung : 112