Bahan Satin mempunyai beberapa ciri seperti permukaan kain yang halus, lembut dan tampak berkilau. Kain ini biasanya terbuat dari sutra atau bahan rayon. Karena mempunyai permukaan kain yang berkilau, maka bahan Satin ini umumnya digunakan untuk gaun pernikahan atau acara formal lainnya dan karena terkesan mewah, sangat jarang digunakan untuk pakaian sehari-hari. Permukaan kain dari bahan Satin yang lembut dikulit dan nyaman dipakai, menjadi bahan pilihan untuk baju tidur (piyama) atau sprei atau juga dijadikan bahan kerudung segi empat.

Untuk lebih jelasnya simak ciri-ciri hijab satin di bawah ini :

1. Bahan Mengkilap

Bahan satin mempunyai ciri khas mengkilap permukaannya, sehingga terkesan mewah jika dipakai. Sepintas bahan jilbab ini mirip dengan sutra namun mempunyai serat yang sedikit berbeda. Sutra berasal dari bahan alami ulat sutra sedangkan satin dari rayon.

2. Warna dan Motif yang Beragam

Karena terbuat dari bahan sintetik, maka satin lebih mudah diberi warna dan motif yang beragam. Ini mempermudah Anda yang senang memadukan warna dan motif jilbab sesuai dengan pakaian yang dikenakan. Jika Anda ingin warna netral, satin juga memiliki warna netral yang beragam. Misalnya putih bersih, putih tulang, putih kekuningan, dan sebagainya.

3. Licin

Terlihat dari bahan yang mengkilap, bahan satin lembut dan licin jika disentuh. Agak menyulitkan jika ingin membentuk jilbab sesuai tutorial yang diikuti. Untuk menyiasatinya, menggunakan jilbab ini harus menggunakan ciput atau dalaman.

4. Tidak Menerawang dan Tebal

Bahan satin lebih tebal dari bahan katun paris atau bahan katun biasa. Menggunakan jilbab dari bahan ini memberikan jaminan ciri ciri hijab syar’i karena tidak menerawang dan tidak perlu menggunakan rangkap dua. Selain tidak menerawang bahan ini mempunyai bentuk jatuh yang bagus jika dipakai. Tidak membentuk lekuk tuubh pemakainya. Beberapa orang menggunakan bahan ini sebagai rok selain sebagai bahan jilbab.

5. Berkesan Mewah

Menggunakan jilbab satin akan mengesankan mewah dan elegan karena tampilan mengkilapnya. Khususnya jika Anda mengenakan kain satin velvet yang mempunyai kualitas terbaik dibandingkan kain satin lain. Jilbab satin sangat cocok digunakan pada saat pesta, tutorial hijab untuk pesta pernikahan atau sebagai jilbab wisuda.

6. Jatuh

Ciri Ciri Jilbab Satin yang terakhir adalah jatuh bagus jika dikenakan. Hal ini yang membuat banyak muslimah senang memakainya. Meskipun licin dan mengkilap, menggunakan jilbab satin tidak akan terlihat kaku.

 

Referensi :

http://toko-zahra.com/ciri-ciri-kerudung-segi-empat-bahan-satin.html

https://hijabyuk.com/ciri-ciri-jilbab-satin

Klik Pengunjung : 117