Aksesoris merupakan pelengkap penampilan. Biasanya, wanita memiliki lebih banyak koleksi aksesoris ketimbang pria. Oleh sebab itu, dalam merawatnya pun membutuhkan waktu lebih lama agar koleksi aksesoris tetap terawat dan tidak mudah rusak. Karena aksesoris memiliki ragam dan bentuk yang berbeda, dalam melakukan perawatannya pun sudah pasti tidak sama. Beberapa tips di bawah ini bisa kamu lakukan, untuk menjaga koleksi aksesoris tetap bersih dan terawat

1. Simpan Dalam Kotak

Kotak merupakan tempat wajib untuk menyimpan barang seperti aksesoris. Jika kamu seorang kolektor aksesoris, ada baiknya memiliki beberapa kotak untuk memisahkan aksesoris berdasarkan kategorinya. Selain menjaganya tetap awet, menyimpan di dalam kotak juga dapat memudahkanmu ketika akan memakainya, sehingga aksesoris akan tetap tertata rapi dan ter-organize.

2. Hindari Bahan Kimia

Bahan kimia seperti parfum, aseton atau hairspray sebaiknya kamu jauhkan dari kotak penyimpanan aksesoris. Hal ini untuk menghindari cairan tersebut tumpah ke dalam kotak aksesoris karena kandungan bahan kimia dalam parfum atau aseton dapat merusak tampilan luar pada aksesoris sehingga aksesoris mudah rusak.

3. Jangan Gunakan Pada Saat Berenang

Jangan sesekali membawa aksesoris ke dalam kolam renang karena kandungan klorin dalam air kolam renang dapat memudarkan kilau pada aksesoris. Apalagi, jika aksesoris yang kamu gunakan berbahan logam. Sebaiknya, lepaskan dulu aksesorismu dan simpan dalam tempat aman seperti plastik clip agar tidak basah terkena air.

4. Hindari Menggunakan Aksesoris Ketika Berolahraga

Ketika berolahraga atau melakukan pekerjaan rumah sebaiknya kamu lepas dulu aksesoris kamu. Keringat yang dikeluarkan tubuh dapat membuat fisik aksesoris cepat rusak, apalagi pada aksesoris berbahan metal dan perak. Jika kamu tidak ingin aksesoris cepat rusak, sebaiknya kamu hindari pemakaian aksesoris ketika berolahraga.

5. Selalu Simpan Dalam Keadaan Kering

Setelah beraktivitas otomatis kamu pasti berkeringat. Jika kamu sedang memakai aksesoris pada hari itu, sebaiknya kamu bersihkan dulu dan mengeringkannya dengan kain lembut. Menyimpan aksesoris dalam keadaan kering ini bisa membuat aksesoris tidak mudah rusak dan berkarat.

Adapula cara tepat memilih aksesoris untuk hijab, sebagai berikut :

1. Memilih aksesoris berdasarkan tema dan kegunaan

Pintar-pintarlah memilih akssesoris yang sesuai dengan tema pakaian yang sedang anda gunakan. Seperti apabila anda ingin berpergian ke pesta bisa anda pilih jenis aksesoris yang cukup mewah atau besar. Tetapi ingat tetap harus disesuaikan kembali dengan jenis hijab yang digunakan.

2. Aksesoris sesuai hijab

Perhatikan juga bentuk dari model jilbab. Pada jaman yang semakin modern ini banyak sekali produsen jilbab bahkan aksesoris yang menawarkan berbagai model aksesoris untuk masing-masing jilbab. Sehingga pemilihan yang tepat dan sesuai sangatlah diperlukan pada bagian ini.

3. Kombinasi warna

Jangan takut bermain dengan warna. Untuk cara yag satu ini sebaiknya anda pilih warna antara jilbab dan aksesoris yang berbeda. Karena apabila anda memilih kedua warna yang sama, tentu hal tersebut sama saja menutupi kecantikan dari akesesoris, terlebih lagi jika anda menggunakan aksesoris yang berukuran kecil.

4. Sesuaikan tempat dan waktu

Sesuaikan pemakaian pada tempat dan waktu yang sesuai. Jika anda ingin menggunakan aksesoris jilbab sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu dengan tempat dan waktu. Karena apabila anda menggunakan aksesoris di waktu yang tidak sesuai bisa jadi anda akan dikatakan salah kostum.

5. Perhatikan corak jilbab

Pemilihan aksesoris yang tepat sebaiknya anda perhatikan pula corak dari jilbab tersebut. Jika jilbab yang anda pakai bermotif polos, maka sebaiknya memilih aksesoris jilbab yang sedikit beragam seperti dengan aksen bunga, atau mungkin dengan aksesoris yang terkesan rame. Tetapi sebaliknya apabila jilbab yang anda gunakan sudah bermotif, lebih baik memilih aksesoris yang sederhana.

6. Sesuaikan dengan usia

Sesuaikan dari usia. Bagi anda yang berusia diatas 25 tahun. Sebaiknya tidak memilih aksesoris yang terlalu menabrak warna. Warna yang netral adalah pilihan cocok bagi anda. Sedangkan di atas usia 40 tahun, sebaiknya anda memilih aksesoris berbahan metal. namun harus diingat, jangan sampai anda menggunakan akssoris yang terlalu mewah.

7. Ukuran aksesoris

Perhatikan ukuran bros yang tepat. Seperti untuk pemakaian bros yang berukuran besar, jangan dipakai pada bagian atas kepala namun dapat anda pakai dibahu. Sedangkan untuk bros yang berukuran kecil, pilihlah model yang berkilau dan simple.

8. Aksesoris awet dipakai

Perhatikan kualitas dari aksesoris yang akan anda beli. Untuk bros yang berkualitas biasanya akan lebih awet dan dapat di pakai dalam jangka waktu lama.

9. Aksesoris dengan jarum tajam

Pilihlah bros, peniti atau jarum yang tajam. Bagian ujung dari bros atau peniti yang tajam tentu akan memudahkan anda dalam pemakaian. Namun jika aksesoris yang anda gunakan sudah tumpul itu akan merusak atau membuat hijab anda menjadi sobek ketika di tusukkan.

 

 

Referensi :

http://beautynesia.id/11223    

http://www.ziahijab.com/page/16/cara-tepat-memilih-aksesoris-untuk-hijab

Klik Pengunjung : 187