Keringat merupakan salah satu hal yang normal bagi setiap orang, karena keluarnya keringat merupakan salah satu bagi tubuh agar menyeimbangkan suhunya dengan lingkungan disekitar. Pengeluarakn keringat ternyata juga dapat disebabkan karena adanya aktivitas sehingga mengakibatkan meningkatnya metabolisme pada tubuh. Tetapi jika dalam keadaaan sejuk atau mungkin tubuhidak melakukan aktivitas, namun pengeluaran keringat masih tetap banyak hal ini terjadi karena adanya gangguan medis yang disebut juga hiperhidrosis.

Tren pada penggunaan penutup kepala atau berhijab jika dalam aturan aurat maka pada masa kini kian banyak digandrungi oleh para wanita. Pilihan dan banyak model jilbab dan hijab ternyata lebih variatif dan modis. Bahkan beberapa dari mereka telah membentuk komunitas karena memiliki hobi dengan mengkreasikan hijab yang mereka pakai. Namun masih ada satu masalah yang sepertinya dihadapi oleh para pengguna jilbab dan hijab, yaitu rambut yang berkeringat.

Berikut cara mengatasi keringat saat berhijab :

1. Hindari penggunaan hair dryer

Sejak mengenakan hijab anda disarankan agar lebih percaya pada hair dryer untuk mengeringkan rambut anda. Namun ternyata sebaliknya rambut yang tidak kering secara alami maka akan kehilangan kilau dan kesehatannya. Hal yang sama akan berlaku untuk hair curler dan hair straightener. Karena penggunaan benda-benda tersebut akan membuat rambut menjadi dehidrasi sehingga mudah berkeringat

2. Hindari makanan pedas

Hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi keringat berlebih, bahwa anda harus mengetahui ternyata keringat juga ditimbulkan oleh faktor makanan. Misalnya saja makanan pedas seperti kari, merica, dan cabai. Tanpa anda sadari bumbu-bumbu ini ternyata dapat memicu keringat berlebihan khususnya pada wajah dan kepala. Maka sebaiknya gantilah makanan tersebut dengan yang lebih herbal lagi agar dapat menambah rasa pada makanan anda, dan dengan begitu anda dapat mengurangi masalah keringat berlebih.

3. Pilih jenis kain yang memiliki sirkulasi udara untuk kepala

Hijab dengan bahan yang sedikit agak longgar tidak terlalu press dengan kepala yang berbahan dasar ternyata dapat berfungsi mencegah akumulasi kelembapan pada kepala. Dan jika anda memiliki keringat yang berlebih maka sebaiknya hindari pemakaian hijab dengan warna putih karena dapat mengakibatkan bercak noda keringat pada hijab/jilbab yang berwarna putih tersebut.

4. Massage dengan essential oils

Apakah anda pernah mendengar istilah head massage atau scalp massage? jika anda mengetahuinya maka lakukan lah head massage atau scalp massage dalam 2 minggu sekali untuk merawat kulit kepala dan untuk mendapatkan rambut yang lebih halus dan tidak lengket serta tidak memicu timbulnya keringat.

5. Gunakan kondisioner

Untuk anda yang memakai hijab walalu pun rambut anda tidak terlihat setiap hari, namun anda tetap perlu merawat rambut anda. Yaitu salah satunya dengan menggunakan kondisioner pada saat berkeramas. Karena rambut yang terawat dan lembut maka akan terhindar dari masalah rambut khususnya keringat berlebih pada rambut yang tertutup, karena biasanya kondisioner memberikan kesan yang nyaman dan adem untuk kulit kepala. Dan sebaiknya anda berkeramas sebanyak 2 hari sekali.

6. Keramas dengan air mawar

Pada dasarnya air kembang mawar ini sering digunakan untuk mandi kembang. Namun ritual mandi air kembang tersebut ternyata dianggap memiliki unsur tradisi yang magis, namun ternyata keramas dengan air mawar ini dapat membuat rambut anda lebih wangi. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan rambut bau akibat keringat.

7. Lakukan hair spa 

Selain cara diatas ternyata hair spa dapat membantu anda untuk mengurangi masalah keringat pada saat mengenakan hijab. Caranya juga sangat mudah, anda dapat melakukannya sendiri di rumah atau jika anda tidak mau repot anda bisa melakukannya di salon. Hal yang paling penting yaitu agar anda mendapatkan rambut yang sehat dan wangi serta terhindar dari kringat berlebih.

8. Miliki Kipas Lipat dan Tissue

Kipas yang dapat-dibawa kemana-mana dan menjadi penolong disaat gerah / berkeringat di luar ruangan, beli kipas yang dapat dilipat menjadi kecil sehingga dapat dimasukkan tas bahkan dompet wanita 
sekalipun.

9. Hindari Terpapar Sinar Matahari Langsung

Saat diluar ruangan lindungi tubuh dan kepala dari paparan sinar matahari karena efeknya cukup cepat membuat suhu tubuh menjadi naik. Silakan gunakan topi lebar bila perlu payung saat beraktifitas di jalan.

 

 

Referensi :

http://www.ziahijab.com/page/72/cara-mengatasi-keringat-saat-menggunakan-
hijab

http://www.bintangtop.com/2014/10/tips-untuk-muslimah-7-cara-tidak-
mudah-gerah-meski-berjilbab.html

https://www.alodokter.com/bebas-gerah-walau-memakai-hijab

 

Klik Pengunjung : 143