Siswa sekolah memang tidak diperbolehkan untuk mengenakan model hijab yang terlalu meriah dan ribet, bahkan dari bahan-bahan hijab yang mewah serta glamour. Hal tersebut dikhawatirkan bisa menjadikan proses belajar di sekolah menjadi terganggu. Bagi para siswa sekolah, kesederhanaan pakaian adalah salah satu lambang egaliter antar siswa dan juga memakai hijab dengan warna yang polos umumnya sudah jadi peraturan di dalam sekolah yang memang tidak boleh dilanggar.

Cara memakai jilbab sekolah yang rapi diuraikan di bawah ini.

1. Bersih

Seperti halnya seragam sekolah lain, jilbab haruslah bersih.  Jika ada noda yang menempel di jilbab segeralah sampai rumah Hijabers langsung membersihkannya agar noda tidak menempel terlalu lama dan sulit dihilangkan.

2. Disetrika

Selain jilbab harus bersih, sama dengan pergi ke tempat lain, jilbab haruslah rapi.  Jilbab akan rapi jika melakukan menyetrika kerudung agar tampak rapi.  Karena jilbab bentuknya segiempat, hindarilah menyetrika jilbab di bagian lipatan.  Kemudian gantunglah di hunger khusus jilbab agar siap digunakan kapan saja.

3. Menggunakan Ciput

Hijabers yang bersekolah terkadang tidak mau menggunakan macam-macam ciput atau dalaman jilbab.  Padahal ciput penting agar jilbab tidak bergesar dan selalu rapi di tempatnya.  CIput juga mencegah rambut keluar atau ke depan dahi.  rambut adalah bagian dari aurat yang harus ditutupi.

4. Menggunakan Meniti atau Jarum Pentul Tajam

Peniti atau jarum pentul tajam digunakan untuk menyatukan jilbab di bawah dagu dan merekatkan jilbab di atas kepala dengan ciput.  Menggunakan peniti tajam diperlukan agar jenis bahan hijab tidak mudah rusak.

5. Model Sederhana

Ada banyak tutorial hijab segiempat yang dapat diikuti.  Jika ke sekolah Hijabers harus menggunakan jilbab dengan model sederhana.  Cukup di satukan di bagian bawah dagu dan ditarik lurus ke depan dada.  Atau dapat disilangkan ke samping kanan dan kri.  Model sederhana ini simple dan membuat akitvitas di sekolah yang cukup banyak tidak terganggu.

6. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala

Menjaga kebersihan kulit kepala sepintas kelihatan tidak mengganggu kerapian berjilbab.  Tetapi kulit kepala yang tidak sehat akan tercium keluar.  Bau jilbab menjadi tidak sedap.  Selain itu, kulit kepala yang tidak sehat akan membuat gatal di kepala.  Posisi menggaruk akan mengganggu penampilan.  Kerapian juga dapat berkurang karenanya.

Adapun Tips Cara Memakai Hijab Segitiga Praktis Untuk ke Sekolah sebagai berikut :

1. Langkah pertama silakan Anda kenakan terlebih dahulu dalaman hijab, bisa berupa ciput ninja, inner hijab, atau pun hijab maroko. Pastikan saat Anda mengenakan dalaman hijab tersebut dengan baik dan benar, sehingga tidak ada bagian aurat seperti leher dan rambut yang terlihat dari luar.

2. Bila sudah, silakan Anda ambil hijab segi empatnya, lalu ubah bentuknya menjadi segitiga dengan cara dilipat. Pakai di atas kepala Anda dengan benar.

3. Perhatikan posisi sisi hijab yang ada di sebelah kanan dan juga kirinya agar memiliki ukuran panjang yang sama

4. Ambilah bagian tengah sisi hijab yang ada di sebelah kanan, lalu lingkarkan di leher Anda. Kemudian pasangkan bross atau pin di depan telinga kiri Anda.

5. Ambil sisi bagian hijab tersebut, lalu tarik ke bagian belakang dan sematkan pin kedua.

6. Ambilah ujung hijab yang ada di sebelah kiri untuk ditarik ke bahu sebelah kanan. Kemudian sematkan bross bunga di bahu Anda yang sebelah kanan.

 

 

Referensi :

http://produkwish.com/blog/tetap-cantik-saat-sekolah-dengan-tips-memakai-hijab-segitiga-praktis

https://hijabyuk.com/cara-memakai-jilbab-sekolah-rapi

Klik Pengunjung : 126