Kehadiran aksesoris pada penampilan akan lebih menunjang penampilan kamu pada acara-acara yang ingin kamu datangi. Meskipun kamu berhijab, kamu tetap tampil modis dan menarik dengan bantuan aksesoris-aksesoris hijab yang sangat beragam fungsi, penempatan, dan bahannya. Berikut beberapa jenis aksesoris hijab yang dapat kamu jadikan pilihan untuk manjadi nilai tambah pada penampilanmu:

1. Peniti manik-manik

Peniti punya fungsi untuk mempertahankan posisi hijab sehingga tetap terlihat sebagaimana mestinya, dan membebaskan kita menggerakkan kepala tanpa khawatir jilbab terlepas. Peniti manik-manik ini biasanya terbuat dari besi yang disepuh dengan kuningan ataupun warna silver dan banyak ditemukan pada toko-toko penjual hiasan dengan harga yang terbilang murah.

Variasi warna dan bentuknya pun sangat banyak dapat disesuaikan dengan selera masing-masing dan cocok untuk dipadukan dengan penampilan casual kamu sehari-hari.

2. Hijab Clip ala Turkey

Clip khusus hijab yang berasal dari Turkey ini sedang booming-nya dikalangan para hijabers cantik, terutama di akun-akun para selebgram pemakai hijab. Clip asal Turkey ini memiliki basic fungsi yang sama dengan peniti biasa pada umumnya, yaitu mengunci hijab pada bagian bawah dagu supaya kencang dan tetap pada posisinya. Dengan fungsi yang sama, harganya terbilang berbeda jauh dibandingkan dengan peniti biasa yang sehari-hari kita gunakan.

Rupanya karena hijab clip jenis ini meminimalisir kerusakan akibat penggunaan peniti biasa yang tajam. Biasanya setelah penggunaan peniti biasa akan meninggalkan lubang dan tidak jarang bahan hijab tertarik kesana-sini jika penggunaannya tidak benar, dan hijab clip ala Turkey ini menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

3. Bros Anting

Anting yang biasa kita kenal adalah anting yang penempatannya di atas kedua telinga untuk menambah kesan manis pada look kita. Pengguna bros anting tidak perlu menyingkapkan hijab dan memperlihatkan aurat hanya untuk mempercantik tampilan disekitar telinga, karena penggunaan bros anting bisa diletakkan pada posisi luar, tepatnya di atas lapisan hijab kita.

Cukup dengan menyangkutkan bros dengan aksesoris blink-blink panjang menjuntai ini pada kain hijab, penampilan dijamin makin cantik.

4. Bros Patch

Bros patch mempunyai tampilan pipih dan biasanya dibuat dari sejenis kain yang dibentuk pola dan dipercantik dengan hiasan mute-mute dan bordir pada pola tersebut. Banyak produsen bros patch yang terinspirasi dari rangkaian bunga dan menggabungkannya dengan mutiara berwarna-warni.

Karena bentuknya yang agak heboh bila digunakan sebagai aksesoris pendukung sehari-hari, hijabers banyak menggunakannya hanya pada acara-acara penting seperti wisuda, kondangan, dan pentas. Dengan warna bros patch yang senada dengan warna hijab dan pakaian, akan membuat pemakainya terlihat berbeda dari biasanya, dan pastinya semakin manis.

5. Bros Magnet

Bros magnet mempunyai fungsi yang sama dengan peniti atau jarum pentul, yaitu sebagai pengunci tampilan hijab kamu agar saat kamu bergerak terlalu aktif, hijab tetap tidak berpindah dari tempatnya. Seiring semakin kreatif dan berkembangnya industry kreatif dan perdagangan khususnya di Indonesia, semakin banyak jenis clip ataupun bros dengan ragam varian bentuk dan kelebihan.

Salah satunya bros magnet ini. Bros magnet tidak akan merusak bahan hijab kamu sama sekali karena dia hanya akan penempel pada sisi hijab mengandalkan gaya magnetic dari magnet yang ada pada bros tsb. Bros magnetic juga bisa jadi solusi bagi orang yang tidak terbiasa menggunakan peniti atau jarum pentul karena takut tertusuk.

6. Headpiece Emas & Silver

Headpiece jenis ini banyak terlihat pada acara-acara formal seperti wisuda kelulusan, maupun pesta kondangan. Biasanya heandpiece emas dan silver ditempatkan pada salah satu sisi kepala di bagian depan ataupun bagian belakang menyesuaikan dengan lilitan hijab yang sedang digunakan. Penampilan akan terlihat jauh lebih mewah dengan hadirnya aksesoris satu ini.

7. Headpiece Berantai

Headpiece berantai memberikan kesan lebih glamor dibandingkan dengan headpiece emas/silver yang hanya diposisikan pada salah satu sisi kepala. Itu karena, headpiece jenis ini adalah jenis aksesoris besar yang diposisikan pada seluruh sisi salah satu bagian kepala (misal bagian kanan kepala), mulai dari kening hingga area telinga.

8. Bandana

Bandana adalah aksesoris paling simple yang biasanya banyak digandrungi anak muda. Jenis yang ditawarkan pun ada banyak seperti bandara bunga, bandana renda, bandana mutiara, dan lain-lain tergantung kreatifitas pembuatnya. Penggunaan aksesoris ini pun masih sangat fleksibel kembali lagi kepada bentuk si bandana itu sendiri.

Untuk banda bentuk simple bisa digunakan sebagai pemanis penampilan kamu menghadiri pesta pernikahan, pesta ulangtahun, atau mungkin menghadiri undangan meeting client asal bisa menyesuaikan dengan pakaiannya.

9. Mahkota

Sama hal nya seperti bandana, mahkota biasa disematkan untuk menunjang penampilan tertentu. Pentas-pentas yang bertemakan peri dan puteri biasanya menggunakan mahkota sebagai hiasan di atas hijab mereka, pemotretan tema tertentu, dan bisa juga digunakan sebagai aksesoris pada saat pernikahan ijab qaabul maupun resepsi.

10. Topi

Topi bukan hanya sebagai penahan panas teriknya sinar matahari, tapi sekarang ini juga dimanfaatkan sebagai salah satu fashion item dengan keunikan tersendiri. Proses pembuatan topi pun beragam mulai dari dijahit biasa, hingga dirajut.

Beberapa jenis topi diantaranya adalah: topi pantai lebar, cap, beanie, topi anyaman, bucket hat, fedora, bowler, dan lain-lain. Gunakan topi sebagai aksesoris penunjang saat kamu bepergian liburan yang akan menambah unik dan chic penampilanmu.

11. Choker

Choker ini adalah sejenis kalung dengan tali yang lebih pendek hampir pas dengan lingkaran leher. Ukurannya yang pendek ini menjadikan choker berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Bagi yang tidak berhijab, choker biasanya langsung dikenakan pada leher dan sangat bagus bagi yang memiliki leher putih dan jenjang.

Namun untuk ukhti-ukhti berhijab yang ingin juga tampil stylish dan manis dengan adanya choker, bisa gunakan di bawah hijab yang diikat ke belakang. Hijab yang diikat kebelakang ini akan lebih bisa mengekspos kehadiran dari choker itu sendiri.

12. Kalung Panjang

Mood yang dihasilkan dari penggunaan kalung pun beragam mulai dari glamor dan mewah dengan kalung emas serta berlian, chic dan unik dengan kalung etnik dari kayu, playful dengan kalung dari plastik berwarna-warni, dan sebagainya. Sesuaikan mood nya untuk mendukung penampilanmu.

13. Syal

Meski tinggal di negara tropis yang tidak terlalu dingin, syal kini banyak dipakai karena bisa menunjang penampilan khususnya bagi muslimah berhijab. Tidak cukup sampai di situ, ternyata syal juga bisa menyamarkan lekuk tubuh bagian atas supaya tidak mengumbar aurat.

14. Kacamata

Seiring perkembangan fashion yang kian pesat, pemakaian kaca mata bulat bening bukan lagi sebuah tanda kalau pemakaianya itu cupu. Frame kaca yang lebar, justru menjadikan tampilan wajah yang proporsional dan enak dilihat. Padu padan dengan jilbab pun menjadi lebih manis dengan kaca mata bulat seperti profesor ini.

 

Referensi :

https://hijabyuk.com/jenis-aksesoris-hijab

https://www.hipwee.com/style/7-aksesoris-hijab-yang-modern-tapi-belum-banyak-kamu-tahu-yuk-kepo-in-biar-nggak-ketinggalan-zaman/

Klik Pengunjung : 110